[caption id="" align="alignleft" width="307"]batu pong labuan bajo Gambar : https://putracongkasae.files.wordpress.com/[/caption]

Batu Pong mungkin masih sedikit asing di telinga wisatawan sekalian. Batu Pong adalah situs peninggalan leluhur orang Manggarai yang berasal dari Minangkabau ketika berlayar menuju Pulau Flores. Situs Batu Pong terletak di Desa Pong Welak – Kecamatan Welak – Kabupaten Manggarai Barat – Nusa Tenggara Timur.
Adapun cerita sampai terbentuknya Batu Pong berdasarkan cerita turun temurun dari nenek moyang orang Manggarai. Pada awal mula, berlayarlah Rengka Waek dari Minangkabau hendak mencari tempat persinggahan dan terdampar di Warloka, Labuan Bajo. Di sana dia tinggal untuk sementara waktu sambil mengembangkan bakatnya yaitu mengukir patung batu. Kemudian menjelajah sampai ke pedalaman welak bagian utara yaitu Suku Rona - Kolang, Di sana dia menetap untuk sementara waktu lagi sambil mengembangkan pola hidup beternak yaitu bertenak babi.
Suatu ketika babi peliharaan Rengka Waek hendak beranak sehingga babi tersebut ingin mencari tempat istirahat yang tepat. Rengka Waek pun mengikuti jejak babi peliharaannya sambil membawa pakan ternak sampai di Robo. Dia beristirahat untuk sementara lagi di situ. Dalam perjalanan itu ternyata babi peliharaanya memilih tempat beristirahat di lampung dekat dengan kampung welak.

Lanjutkan Membaca..............





Adults
Children



flores komodo tour