[caption id="" align="alignleft" width="382"] Gambar : https://putracongkasae.files.wordpress.com/[/caption]

Kehadiran rengka weak pun diketahui masyarakat sekitar. Bagi orang welak, kehadiran renka weak sebagai orang asing sangat menakutkan sekaligus menakjubkan. Dia memiliki ilmu kesaktian yang cukup tinggi. Ketika hendak dibunuh dengan tombak dan dibakar dengan api, semuanya tidak mempan bahkan ketika dikejar pun dia bisa terbang dan bertengger di atas dahan kayu.
Hal yang terakhir yang menjadi cikal bakal nama yang disandangnya. Oleh masyarakat sekitar dia dipanggil dengan nama Rengka Waek (Rengka artinya dahan dan waek artinya pohon besar).
Atas jasanya yang telah berhasil mengatasi masalah orang Welak, orang Welak membagi dua wilayah kampung Welak menjadi dua bagian yaitu Welak tadu (artinya tertutup) dikuasai oleh Renka Weak dan Welak Lenga (artinya welak terbuka). Rengka Weak pun mempersunting salah satu putri dari Welak yang bernama Banggem Ina Bakok.
Pada akhir perjalananya, sebelum meninggal Rengka Weak berpesan kepada anaknya supaya mengambil patung yang pernah diukirnya di Warloko - Labuan Bajo untuk ditempatkan di atas makamnya dan istrinya.





Adults
Children



flores komodo tour