pate kabupaten manggarai timur
Kabupaten Manggarai Timur
Kabupaten Manggarai Timur terletak di Pulau Flores – Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kabupaten ini tergolong Kabupaten baru yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Manggarai atau Manggarai Raya. Kabupaten Manggarai Timur resmi menjadi sebuah Kabupaten Baru pada tanggal 17 juli 2007, dimana wacana pembentukan Kabupaten dimulai sejak 1986. Kabupaten Manggarai Timur berikota Borong dengan luas wilayah 251,855 Ha dan memiliki populasi sebanyak 263,142 yang tersebar di 9 Kecamatan.
Secara geografis Kabupaten Manggarai Timur berbatasan dengan Kabupaten Ngada di sebelah timur, Kabupaten Manggarai di sebelah barat, Laut Flores di sebelah utara dan laut sawu di bagian selatan.
Berdasarkan sumber sejarah http://suku-dunia.blogspot.co.id/ . sejarah orang Manggarai Timur kurang lebih sama dengan orang Manggarai pada umumnya. Pada zaman dulu di Manggarai terdapat sebuah kerajaan. Pada masa sekarang sisa-sisanya masih kelihatan berupa pembagian wilayah tradisional ke dalam wilayah adat yang disebut dalu. Pada zaman dulu jumlah dalu ini sampai 39 buah. Tiap-tiap dalu dikuasai oleh satu klen atau wau tertentu. Dalam setiap dalu terdapat beberapa buah glarang dan di bawahnya lagi terdapat kampung-kampung yang disebut beo. Orang-orang dari wau yang dominan dan menguasai dalu menganggap diri mereka sebagai golongan bangsawan. Antara satu dalu dengan dalu lainnya sering mengadakan aliansi perkawinan dalam sistem yang mereka sebut perkawinan tungku (semacam perkawinan sepupu silang). Antara dalu dengan glarang sering pula terjadi perkawinan, karena sebuah glarang umumnya juga dikuasai oleh sebuah wau dominan.

Dalu sebagai bawahan kerajaan dipimpin oleh seorang kraeng, yang biasanya dipanggil Kraeng Adak. Kraeng yang dianggap berjasa berhak memperoleh gelar Sangaji dari raja. Sementara itu adanya wau yang dominan itu maka dalam masyarakat Manggarai terdapat pelapisan sosial yang cukup jelas. Pertama adalah golongan yang menganggap dirinya bangsawan, yang biasanya memakai gelar kraeng. Kedua adalah golongan rakyat biasa yang disebut ata lahe. Golongan ketiga adalah hamba sahaya atau mendi. Tentu saja pada zaman sekarang pelapisan sosial ini sudah semakin kabur.

Potensi wisata yang terdapat di Kabupaten Manggarai Timur sangat banyak dan secara khusus kabupaten Manggarai Timur memiliki Potensi daya tarik wisata alam yang cukup banyak mulai dari pantai, danau serta wisata air terjun. Denstinas Wisata yang ada di Kabupaten Manggarai Timur diantaranya :
1. Pantai Mbalata Wailengga

2 Pantai Watu Pajung 

3. Pantai Laing Lewe

4. Teluk Nanga Lok

5. Pantai Cepi Watu

6. Air Terjun Cunca Rede

7. Danau Ranamese 





Adults
Children



flores komodo tour