Laguna Weekuri Di Sumba Barat Daya

[embed]https://www.instagram.com/p/BUrNipEB_dO/?taken-by=crispimalexander[/embed]

Laguna sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang yang berupa pasir, batu karang atau semacamnya. Laguna Weekuri merupakan sebuah danau yang merupakan kumpulan dari air asin yang terpisah oleh karang di bagian barat daya Pulau Sumba. Laguna Weekuri berada tepat di Desa Kalenarogo – Kecamatan Kodi – Kabupaten Sumba Barat Daya. Jarak tempuh dari Kota Waitabula yang merupakan Ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) sekitar 60km yang akan menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam berkendara.
Weekuri sumbaLaguna Weekuri merupakan salah satu destinasi utama di Pulau Sumba yang patut anda kunjungi, karena tidak banyak Laguna yang bisa anda jumpai di Indonesia. Dari puncak batu karang yang memisahkan danau ini dengan lautan lepas anda dapat melihat secara utuh Laguna ini serta lautan dengan ombak yang cukup besar. Airnya sangat jernih berwarna kebiruan dengan pasir putih yang nampak di dasar laguna, seolah – olah mengajak anda untuk terjun dan berenang di Laguna ini.
Untuk mencapai Laguna weekuri anda dapat berkendara dengan kendaraan roda 2 atau roda 4. Terdapat petunjunjuk jalan menuju Laguna. Dari pertigaan kodi, anda melewat beberapa jalan aspal yang sedikit rusak serta beberapa km jalannya masih berupa jalanan batu kapur. Banyak orang mengatakan tidak direkomendasikan untuk wisatawan solo atau datang sendirian di hari kerja karena jalur ini sedikit rawan pemalakan oleh warga setempat. Untuk itu disarankan anda menyewa pemandu atau warga Kodi untuk membantu anda menuju Laguna Weekuri. Laguna Weekuri akan sangat ramai di hari minggu dimana banyak terdapat penjual yang menjual makanan dan minuman serta cinderamata berupa kalung dari tanduk babi atau kerbau.
Di sini wisatawan tidak dipungut tiket masuk, hanya saja anda harus membayar uang parkir sebesar Rp 5,000. Terdapat tempat ganti dan toilet serta selter ketika hendak bersantai bersama keluarga.





Adults
Children



flores komodo tour