MONI

MONI - DANAU KELIMUTUMoni adalah sebuah kampung kecil yang berada di kaki Gunung Kelimutu. Moni berada di Desa Koanara – Kecamatan Kelimutu – Kabupaten Ende – Flores – Nusa Tenggara Timur (NTT). Biasanya sebelum mengunjungi Danau Kelimutu yang berada di Kawasan Taman Nasional Kelimutu (TNK) wisatawan akan bermalam di sini. Terdapat sebuah hotel besar yaitu Kelimutu Crater Ecolodge serta Lodge – Lodge yang bertebaran di pinggir jalan sepanjang Moni. Harga kamar yang ditawarkan mulai dari Rp 150.000 – Rp 1.000.000 . Dari Maumere perjalanan menuju Moni akan ditempuh sekitar 2,5 sampai 3 jam. Terdapat banyak trasnportasi umum menuju Moni. Selain itu untuk menuju Moni wisatawan juga dapat mengakses moni dari Kota Ende, perjalanan akan lebih singkat jika diakses dari Ende sekitar 1,5 – 2 jam berkendara. Udara di Moni cukup sejuk sehingga anda disarankan untuk membawa jaket.
Sore hari dengan motor yang kami sewa, kami jalan–jalan sore mengelilingi Desa Moni. Ada satu tempat menarik yang kami kunjungi saat itu, yaitu Air Terjun Moni. Letaknya tidak jauh dari tempat kami menginap, yang menjadi patokan adalah Rainbow Bungalow, tepat di seberangnya terdapat jalan tanah setapak menuju air terjun ini.

Cukup berjalan kaki 5 menit saja kami sudah sampai di air terjun. Air terjunnya indah, dengan debit air yang cukup deras meski saat itu sedang musim kemarau. Di bawah air terjun tersebut terdapat kolam alami dimana kita bisa berenang atau sekedar bermain air.





Adults
Children



flores komodo tour