Paket Wisata Labuan Bajo kini banyak di cari oleh orang - orang yang ingin berlibur di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri lagi, kini liburan merupakan kebutuhan setiap orang. Dulu tidak banyak orang menghabiskan waktu mereka untuk berlibur mengunjungi daerah - daerah yang jauh. Seiring berkembangnya waktu dan jaringan komunikasi yang semakin pesat, orang sangat tertarik untuk berkunjung atau berlibur. Salah satu destinasi wisata yang di tahun 2018 ditargetkan menjadi destinasi utama wisata adalah Labuan Bajo. Jauh berada di hampir bagian selatan Negara Indonesia, Labuan Bajo berada di daratan Pulau Flores, tepatnya di Kabupaten paling barat Pulau Flores, yaitu Kabupaten Manggarai Barat. Setelah mendapat gelar 7 Wonder World, Taman Nasional Komodo menjadi incaran utama wisatawan. Tidak hanya wisatawan domestik, wisatawan Mancanegara juga berbondong - bondong datang ingin melihat kadal raksasa yang hanya berada di Taman Nasional Komodo tersebut. Dengan dibukanya Bandara baru di labuan Bajo, kini akses menuju Labuan Bajo, sudah sangat mudah. Terdapat beberapa maskapai melayani rute penerbangan setiap hari menuju Labuan Bajo. Diantaranya, Lion Air (Wings Air), Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Trans Nusa dan Nam Air.
paket wisata labuan bajoPaket Wisata Labuan Bajo kini menjadi incaran setiap tour operator untuk memasukan perjalanan menuju Labuan Bajo ke dalam program wisata mereka. Paket Wisata Labuan Bajo, tidak hanya menawarkan perjalan menuju Labuan Bajo untuk mengunjungi Pulau Komodo atau Taman Nasional Komodo. Paket Wisata yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari 2 hari sampai 5 hari. Selain itu Paket wisata Labuan Bajo, dikombinasikan dengan paket wisata melakukan perjalanan darat di Pulau Flores atau yang lebih sering dikenal dengan Flores Overland Tour.
Seperti sudah dibahas diatas, bahwa Labuan Bajo, tidak semata hanya Pulau Komodo saja. Berikut Destinasi Wisata di Labuan Bajo yang patut anda kunjungi :

1. Pulau Komodo
paket wisata labuan bajoWisata Pulau Komodo adalah berkunjung ke sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.
2. Pulau Rinca
paket wisata labuan bajoPulau Rinca merupakan salah satu Pulau yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK). Disini wisatawan akan diajak berkunjung ke Loh Buaya; Loh adalah teluk dan buaya adalah Setelah Taman Nasional Komodo ditetapkan sebagai satu dari 7 keajaiban dunia karena di sini merupakan habitat kadal raksasa Varanus Komodensis, daerah disekitar kawasan TNK menjadi potensisal untuk di kunjungi oleh wisatawan. Pulau Rinca merupakan satu dari empat pulau besar yang berada di kawasan Balai Taman Nasional Komodo dimana biasanya wisatawan mengujungi Loh Buaya untuk melihat secara dekat komodo. Untuk mencapai Loh Buaya, biasanya kapal yang menghantar wisatawan akan berlayar melewati Kampun Rinca sehingga, kampung ini akan berpotensi untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin melihat secara langsung kehidupan masyarakat setempat.
3. Pantai Pink

[caption id="" align="alignleft" width="372"]paket wisata labuan bajo Gambar : https://www.pedomanwisata.com/[/caption]

Pantai Pink adalah nama dari sebuah pantai yang berada di Pulau Komodo. Pantai ini hanya dapat diakses menggunakan Kapal. Kurang lebih lama perjalanan dari Labuan Bajo sekitar 4 jam. Karena lokasinya yang berada di Pulau Komodo, biasanya Paket Wisata telah diatur setelah wisatawan berkunjung ke Loh Liang di Pos Pulau Komodo, mereka akan mengantar wisatawan untuk berkunjung ke sini.
Sesuai dengan namanya Pantai Pink, pasir disini berwarna merah muda atau pink. Adapun pantai merah muda hanya terdapat di adalah Pink Beach di Harbor Island, Bahamas; Bermuda; Santa Cruz Island, Filipina; Sardinia, Itali; Bonaire, Dutch Caribbean Island; dan di Balos Lagoon, Crete, Yunani. Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti dari mana asal muasal warna pasir merah muda yang cantik ini. Beberapa berpendapat bahwa warna pink berasal dari pecahan karang berwarna merah yang sudah mati dan memang banyak ditemukan di pantai ini. Pendapat lain menyebutkan warna pink pada pasir Pink Beach adalah karena adanya hewan mikroskopik bernama foraminifera yang memproduksi warna merah atau pink terang pada terumbu karang. Pantai Pink merupakan salah satu objek wisata yang paling diminat, karena selain Pantainya yang berwarna merah muda, di depan pantai ini terdapat terumbu karang yang sangat indah. Dengan peralatan snorkeling, wisatawan dapat melihat secara dekat karang – karang tersebut. namun harus membutuhkan kehati – hatian karena arus di pantai pink cukup kuat.
4. Taka Makasar

[caption id="" align="aligncenter" width="413"]paket wisata labuan bajo Gambar : https://media-cdn.tripadvisor.com/[/caption]

Selain Objek wisata di atas, salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi ketika berada di Labuan Bajo adalah Taka Makasar. Taka Makasar adalah sebuah Pulau Kecil berada di dekat Pulau Komodo. Pulau ini hanya ditumbuhi oleh beberapa batang pohon saja dan rerumputan, sisanya adalah pasir putih yang sangat halus. Keunikan Taka Makasar ibaratkan floating island dengan airnya yang sangat bening dan ombak yang kecil. Dari Kejauhan, nampak Pulau yang sangat kecil dikelilingi oleh pasir putih.
5. Pulau Kanawa
paket wisata labuan bajoPulau Kanawa adalah sebuah Pulau Kecil berukuran kurang lebih 35 hektar yang berjarak 15km dari Pusat Kota Labuan Bajo. Untuk menuju Pulau Kanawa wisatawan dapat menyewa perahu kayu atau speedboat dari dermaga Labuan Bajo. Biasanya Pulau Kanawa masuk dalam paket wisata Pulau Komodo yang di jual oleh tour operator setempat. Opsi lain untuk menuju Pulau Kanawa adalah dengan menginap disini. Biaya sewa kamarnya sudah termasuk antar jemput dari dan kembali ke Labuan Bajo.
Sebelum menginjakan kaki di Pulau Kanawa, dari kejauhan tampak dua buah bukit kecil dengan warna khas savanah yang menyelimuti Pulau ini seolah – oleh memanggil wisatawan untuk segera menepi dan menikmati keindahan yang ditawarkan Pulau ini. melangkah diatas dermaga kayu, mata anda akan tertuju pada jernihnya air dihiasi ikan – ikan kecil yang berwarna – warni menari menyambut kedatangan anda. Hamparan pasir putih dengan kursi pantai yang berjejer rapi dinaungi oleh pepohonan, suara ombak dan birunya laut serasa menambah hasrat anda untuk bersantai dan meninggalkan semua kepenatan anda.
Selain panorma alam yang indah, Pulau Kanawa juga memiliki taman bawah laut yang tidak kalah indahnya. Dengan masker dan snorkel anda dapat melakukan aktivitas snorkeling mengamati kehidupan bawah laut sekitar Pulau ini. Karang yang indah dan beranekaragam ikan yang berwarna warni menghiasi bawah lautnya.
6. Air Terjun Cunca Rami

[caption id="" align="alignleft" width="361"]paket wisata labuan bajo Gambar : http://florestourism.com/[/caption]

Air Terjun Cuca Rami terletak di Desa Golo Ndaring, Sano Nggoang, Golo Ndaring, Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Air terjun ini berjarak 35 km dari Labuan Bajo. Perjalanan ini akan ditempuh selama 45 menit. Dari Jalan Trans Flores beloklah ke kanan menuju Werang, dari situ anda akan melewati jalan yang sedikit berlubang dan rusak. Sebaiknya berhati – hatilah ketika berkunjung di musim hujan.
Tiba di Kampung Werang, anda harus berjalan kaki kurang lebih sekitar 45 menit menuju air terjun. Di Kampung Werang anda dapat menyewa pemandu wisata lokal. Sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Cunca Rami, terdapat perkebunan warga seperti vanili, cacao, kemiri dan lainnya. Dari kejauhan terdengar suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian 30 meter dan dibawahnya terdapat kolam. Keindahan air terjun Cunca Rami tidak akan lengkap apabila anda tidak mencoba menceburkan diri anda untuk merasakan segarnya air pegunungan. Belum terdapat fasilitas wisata di sekitar kawasan air terjun ini.
7. Gua Ranko
paket wisata labuan bajoGua Rangko menjadi sebuah alternative wisata bagi wisatawan yang hanya menghabiskan waktu di Labuan Bajo. Gua ini terletak di Kampung Rangko, sebuah kampung yang mayoritas penduduknya beragama muslim yang berasal dari Sulawesi. Gua Rangko menawarkan keindahan gua yang masih sangat alami dengan stalaktit dan stalakmit yang terus bertambah. Yang menjadi daya tarik utama gua ini adalah terdapat kolam air asin yang masuk melalui bebatuan / meresap ke dasar tanah dan tertampung di dalam gua ini. Di sini wisatawan dapat berenang dan mengapung di dalam kolam gua rangko. Airnya sangat bening kebiru – biruan. Waktu terbaik mengunjungi Gua Rangko yaitu ketika siang hari menjelang sore karena cahaya akan masuk ke dalam gua sehingga terlihat lebih terang.
Akses menuju Gua Rangko dapat menggunakan kapal dari Labuan Bajo yang biasa digunakan untuk mengunjungi pulau – pulau di Taman Nasional Komodo. Selain itu anda dapat berkendara selama 45 menit dari Labuan Bajo menuju Kampung Rangko. Jalur menuju gua rangko tidak membingungkan karena hanya terdapat 1 jalur saja namun sayangnya kondisi jalan masih belum beraspal kurang lebih sekitar 5km dari Labuan Bjo, tetapi setelah itu terdapat jalan beraspal yang sangat mulus menuju Kampung Rangko. Di Kampung Rangko anda harus menyewa kapal nelayan dengan biaya Rp 300.000 / kapal untuk berlayar menuju gua rangko. Di sini tidak terdapat fasilitas khusus untuk wisatawan, hanya masyarakat setempat sudah mulai menata jalur trekking dan membersihkan kawasan ini. Tiket masuk ke dalam gua rangko dikenakan Rp 20.000 / orangnya.





Adults
Children



flores komodo tour