Upacara kematian dibagi dalam 2 (dua) bagian yang berbeda yakni :

• Mata Ade
Upacara Mata Ade ditujukan untuk mengungkapkan kesedihan dan ucapan selamat jalan terhadap orang yang meninggal, khususnya untuk orang/jasad/mayat yang mati bukan karena kecelakaan (mati yang dikarenakan penyakit menurut versi medis dan analisa ilmiah). Sebelum melaksanakan acara penguburan bagi keturunakan yang mewarisai budaya neku/wajib neku maka akan melaksanakan acara neku untuk mengungkapakan rasa hormat dan sebagai ucapan perpisahan yang ditandai dengan penyembelihan hewan kurban yakni babi dan kerbau.

• Mata Golo
Mata Golo adalah acara yang ditujukan untuk mengungkapkan kesedihan dan ucapan selamat jalan terhadap orang yang meninggal. Pada acara ini bagi orang yang mata golo adalah upacara khusus untuk orang yang meninggal karena kecelakaan (mati yang dikarenakan bukan penyakit menurut versi medis atau analisa ilmiah).
Pada tahapan selanjutnya keo redo dan nulu. Nulu ditujukan untuk mengungkapan rasa sedih dan sebagai ucapan perpisahan yang ditandai dengan penyembelihan hewan kurban ykni babi, ayam dan kerbau.





Adults
Children



flores komodo tour