Penida2
Wisata Bukit Watunari Wowo Di Bajawa

Watunari wowo adalah nama sebuat tempat wisata yang terletak di Kota BajawaPulau Flores. Ini merupakan sebuah daya tarik wisata alam yang berupa sebuah bukit yang menjulang tinggi dibawah kaki Gunung Inerie. Teletak di Desa Beja – Langa – Kabupaten Ngada. Pemandangan alam di kawasan wisata ini sangat spektakuler dimana, terdapat perbukitan yang menjulang tinggi dihiasi rerumputan yang hijau pada musim hujan dan coklat pada musim kemarau. Masyarakat setempat biasa menyebutnya sebagai bukit avatar.

watunari wowo bajawa

Dari atas bukit watunari wowo, anda dapat menikmati panorama alam Gunung Inerie dengan tinggi 2,245 m dpl. Selain itu beberapa kampung adat seperti Kampung Adat Bela, Kampung adat Bena, pemandangan pantai Aimere dan Kota Bajawa nampak jelas. Watunari wowo juga dikenal sebagai spot melihat sunset pada sire hari awan, dimana ketika sore hari tampak kumpulan awan yang menyelimuti kawasan sekitar yang mulai berwarna keemasan disinari matahari sore yang mulai terbenam.

Akses menuju Watunari Wowo sangatla mudah. anda dapat menginap di sekitar kota Bajawa, Hotel terdekat menuju tempat wisata ini adalah Hotel Silverin Bajawa. Ambilah jalur menuju Langa atau kampung adat Bena dari Kota Bajawa. Dalam perjalanan anda akan menemukan sebuah gereja yang bernama Gereja KAtholik Maria Ratu Semesta. Terdapat Plang bertuliskan Watunari wowo. Selanjutnya mengikuti jalur tersebut sampai jalan terakhir. Disini terdapat Pos pendakian dan informasi wisata. Anda dapat memarkirkan kendaraan disini dan mulai berlajan kaki menuju puncak bukit Watunari Wowo.

Pendakian memakan waktu sekitar 30 menit dengan rute yang landai di awal dan sedikit menanjak tetapi tidak terjal. Sesampainya di Puncak pertama sudah mulai nampak pemandangan sekitar dengan panorama pantai aimere dan Kampung Bela. Anda dapat berjalan mengambil rute bagian kanan dimana disini terdapat batu – batuan tempat peninggaalan kampung lama yang masih tersisa.

watunari wowo bajawa

Selanjutnya teruslah berjalan dimana terdapat 2 buah bukit dimana dari atas puncak bukit ini anda dapat menikmati pemandangan gunung Inerie secara dekat. Jalur menuju kedua bukit ini cukup terjal sehingga butuh kewaspadaan.

Disekitar Objek wisata Watunariwowo tidak terdapat kios atau toko yang menjual makanan ataupun minuman, sehingga disarankan anda dapat membelinya di sekitar kampung sebelum mencapai area parkir. Tidak terdapat retribusi tiket masuk.

watunari wowo bajawa

Objek Wisata di Bajawa :

Kampung Adat Bena

Bukit Wolobobo